Berita

WORKSHOP MEMBANGUN LOCAL BRANDING

Kopi Batang From Local to Global

Batang- Dalam rangka kegiatan Pengembangan Ekonomi Lokal, dilaksanakan workshop tentang kopi dengan tema Membangun Lokal Branding “Kopi Batang From Local to Global” pada hari Rabu (23/10/19). Acara ini diselenggarakan oleh Bidang Ekonomi BAPELITBANG Kabupaten Batang.

Topik yang dibahas adalah upaya peningkatan produksi kopi Batang serta memunculkan nama kopi Batang di pasaran yg disampaikan oleh Narasumber dari BDS Dinamika Lintasnusa. Untuk meningkatkan produktivitas, produksi dan mutu kopi, kegiatan tetap difokuskan pada peremajaan tanaman (kopi robusta), pengutuhan tanaman (kopi arabika) dan intensifikasi tanaman (kopi robusta dan arabika). Kelembagaan petani perlu dikuatkan melalui pelatihan petani dan pendampingan. Dengan kelembagaan petani yang kuat, diharapkan petani mempunyai posisi tawar yang kuat, sehingga akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Untuk itu pelatihan petani perlu ditingkatkan, demikian pula pendampingan dengan memperbanyak petugas pendamping di lapangan.

Kemitraan usaha antara industri dengan petani/kelompok tani perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan. Kemitraan usaha yang diharapkan adalah kemitraan yang profesional saling menguntungkan dan tidak terbatas hanya pada pemasaran hasil tetapi termasuk pelaksanaan teknis budidaya dan peningkatan mutu. Meningkatkan kualitas ekspor kopi dari kopi biji menjadi kopi bubuk atau produk olahan lainnya. Dengan demikian akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing Kopi Batang di pasar Nasional maupun Internasional.